Hanya 3 PTN yang Tidak Ada Ujian Mandiri

hanya 3 ptn

JAKARTA – Selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sebagian besar PTN juga membuka ujian mandiri. Dari semua PTN di Indonesia, hanya tiga kampus yang tidak memberlakukan jalur tersebut. 

Ketua Umum SBMPTN 2014, Prof. Ganjar Kurnia menyebut, ketiga kampus itu adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Tekonologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Ketiganya menerima dari 50 persen mahasiswa baru dari SNMPTN dan 50 persen lainnya dari SBMPTN,” kata Ganjar dalam diskusi di Gedung Sindo, Kamis (17/7/2014).

Menurut Ganjar, kampus-kampus yang menyelenggarakan ujian mandiri biasanya memang menyisihkan kuota mahasiswa baru mereka untuk jalur tersebut. Komposisi kuota yang umum dipakai adalah 50 persen untuk SNMPTN, 30 persen untuk SBMPTN dan 20 persen ujian mandiri.

Ganjar menilai, pada prinsipnya ujian tertulis SBMPTN menyaring orang-orang unggulan. “Selain itu, SNMPTN yang seleksinya berbasis nilai rapor juga menilai kemampuan siswa dari sisi pengetahuan mereka,” ungkapnya.


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below