Jumlah Pendaftar SNMPTN di Unimed Capai 35.866 Siswa

Unimed

JAKARTA – Pada akhir penutupan pendaftaran jalur penerimaan mahasiswa baru (maba) melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau jalur undangan pada 16 Maret 2015 pukul 23.00 WIB, jumlah pendaftar di Universitas Negeri Medan (Unimed) mencapai 35.866 orang siswa.

Jumlah pendaftar tersebut berasal dari 30 provinsi di Indonesia dan ada juga beberapa pendaftar yang berasal dari Luar Negeri.

Menurut Ketua Panitia SNMPTN Unimed, Prof Dr Khairil Ansari menyatakan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi dan promosi kepada masyarakat Sumatera Utara (Sumut), baik secara langsung dan tidak langsung. Kegiatan sosialisasi dan promosi tersebut dilaksanakan sejak Januari 2015.

“Ada data ratusan sekolah SMA/Sederajat di Sumut yang belum tuntas dalam pengisian PDSS, kami langsung ingatkan via telepon kepada kepala sekolah agar segera menuntaskan dan mendorong para siswa untuk menuntaskan juga proses pendaftaranonline,” ujar Khairil, seperti dilansir dari laman Unimed, Rabu (18/3/2015).

Khairil melanjutkan, kerja keras tim sosialisasi dan promosi panitia PTN Unimed membawa keberhasilan, yaitu jumlah pendaftar sekolah PDSS di Sumut meningkat dan jumlah pendaftar SNMPTN dan bidikmisi ke Unimed juga meningkat.

Wakil Rektor I Unimed itu melanjutkan, dari jumlah pendaftar 35.866 yang memilih Unimed, mereka akan bersaing untuk bisa masuk ke Unimed dengan skala 1:15, karena Unimed telah menentukan jumlah pendaftar SNMPTN yang akan diterima hanya sekira 2.500 kursi yang tersebar di 41 prodi. Jumlah yang diterima tersebut sesuai kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dalam penerimaan maba di PTN tahun ini yaitu 50 persen dari calon mahasiswa yang akan diterima di suatu PTN.

“Sedangkan proses seleksi penerimaan maba ke PTN sesuai kebijakan pemerintah, yaitu SNMPTN, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri. Proses SNMPTN 2015 dilaksanakan secara online dengan mekanisme seleksi melalui data prestasi akademik siswa dan prestasi sekolah,” ucapnya.

Dia berharap, Unimed dan 64 PTN di Indonesia akan mendapatkan calon mahasiswa yang terbaik dan mampu menyelesaikan pendidikan strata satunya di PTN yang mereka pilih, sehingga dapat menghantarkan mereka meraih kesuksesan hidup didunia ini.

Kemudian, dari semua jumlah pendaftar yang tersebar ke dalam 41 prodi, adapun peminat tertinggi prodi di Unimed, yaitu prodi pendidikan guru sekolah dasar sebanyak 5.786 peminat, prodi manajemen sebanyak 3.605 peminat, prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah sebanyak 3.209 peminat, prodi pendidikan biologi sebanyak 2.903 peminat, dan prodi pendidikan bimbingan dan konseling sebanyak 2.617 peminat

Selain itu, untuk prodi pendidikan bahasa inggris sebanyak 2.584 peminat, prodi akuntansi sebanyak 2.156 peminat, prodi pendidikan matematika sebanyak 2.036 peminat, prodi pendidikan geografi sebanyak 1.909 peminat, dan prodi pendidikan ekonomi sebanyak 1.759 peminat.

Sumber : info kampus


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below