Rencana Cadangan ketika Tak Lulus SBMPTN

rencana cadangan

JAKARTA – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ibarat masuk  lubang jarum. Hanya sebagian kecil peserta yang diterima. Sedangkan peserta yang lainnya, harus menelan kekecewaan karena tidak mampu menembus pintu kampus negeri. 

Reza Dedi Ibrahim adalah salah seorang yang merasakan pil pahit karena tidak lulus SBMPTN 2014. Alumnus SMAN 10 Palembang itu gagal masuk Universitas Sriwijaya (Unsri).  

Meski gagal, Reza tidak patah arang. Bahkan, saat ini dia sedang mengikuti proses rekrutmen di Pertamina. Jika lulus, dia akan bekerja dan mengikuti pelatihan di BUMN pengelola minyak negara itu.  

“Jika nilai dan ranking saya dalam pelatihan itu bagus, maka saya berkesempatan dapat beasiswa untuk kuliah di Akademi Komunitas (AK) Migas,” ujarnya bersemangat. 

Reza mengaku sudah menjalani tahap II dalam rekrutmen tersebut, yakni sesi wawancara. Jika lulus tahap ini, dia akan menjalani tes kesehatan usai Lebaran. 

“Kalau lulus tes kesehatan, ya berarti saya diterima kerja,” tutur Reza. 

Selain mengikuti rekrutmen kerja, Reza juga sedang mempersiapkan diri mengikuti Ujian Mandiri (UM) Unsri. Lagi-lagi, dia memilih jurusan teknik tambang. 

“Orangtua sih membebaskan saya untuk bekerja atau kuliah dulu. Tapi, kalau kuliah harus di kampus negeri,” imbuhnya. 

Peserta SBMPTN 2014 lainnya yang juga tidak lulus ujian tertulis adalah Danny Yuwana Putra. Meski begitu, alumnus SMAN 1 Binangun, Cilacap, Jawa Tengah, ini sudah berencana mengikuti Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) pada awal Agustus. 

Pilihan utamanya adalah Jurusan Manajemen di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). “Lapangan kerja untuk lulusan jurusan ini lebih luas. Saya bisa bekerja di kantor maupun sekolah,” kata Danny.  

Danny sendiri semangat mengejar kelulusan di kampus negeri karena dimotivasi oleh orangtuanya. Dia pun memfokuskan waktu untuk belajar dan memenuhi targetnya masuk PTN. 

“Sebab, dunia kerja lebih cenderung memilih lulusan PTN sebagai karyawan,” tuturnya.

 


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below