Tunda Registrasi SBMPTN demi Pengumuman Ikatan Dinas

tunda registrasi

JAKARTA – Kelulusan di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tidak selalu menjadi keputusan final. Banyak juga alumni SMA/sederajat yang masih menunggu pengumuman hasil tes di kampus lain. 

Yosafat Pangestu, misalnya. Meski dinyatakan lulus di pilihan keduanya, jurusan Akuntansi di Universitas Palangkaraya, Yosafat masih belum menentukan pilihan akan mendaftar ulang atau tidak. 

“Soalnya, saya berharap diterima di pilihan pertama; jurusan Bahasa Inggris di Universitas Palangkaraya. Sedangkan pilihan ketiga saya adalah jurusan Hukum di kampus yang sama,” kata Yosafat, belum lama ini. 

Alumnus SMAN 5 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, itu mengaku, sedang menunggu hasil seleksi dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Ini adalah sekolah ikatan dinas di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jika lulus, maka Yosafat akan menjalani pendidikan di Jakarta. 

“Pengumumannya 8 Agustus 2014. Kalau diterima, saya ambil, tapi kalau enggak diterima saya tetap ngambil di jalur SBMPTN,” ungkapnya.

Yosafat menambahkan, dia lebih memilih STIP karena jaminan kerjanya. Sekolah ini juga membuka peluang kerjasama dengan banyak institusi asing. 

Beda halnya dengan alumnus SMAN 2 Kota Bekasi, Azkia Fachrina Hanifa. Dia mantap mendaftar ulang setelah dinyatakan lulus di pilihan ketiga, jurusan Keperawatan di Universitas Jember. 

“Pilihan pertama saya adalah Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) dan pilihan kedua FKG di Universitas Airlangga (Unair),” ungkapnya.

Azkia menambahkan, dia memilih jurusan Keperawatan karena lebih mudah daripada Ilmu Kedokteran. “Akhirnya saya memilih Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) yang belajarnya hampir sama seperti Kedokteran, karena sama-sama fokus terhadap pasien,” tuturnya.


Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below